Jumat, 23 November 2012

Mite siraso dewi bibit


Mite Siraso Dewi Bibit

Buruti Siraso (Siraso) adalah putri dari Raja Balugu Silaride Ana’a di Teteholi Ana’a. Balugu Silaride Ana’a adalah keturunan lebih dari sepuluh setelah Balugu Luo Mewona. Siraso memiliki saudara kembar (putra) bernama Silogu Mbanua (Silogu).
Di Teteholi Ana’a, Siraso rajin mendatangi rakyat saat penaburan bibit sehingga tanaman subur dan berbuah lebat. Sedang Silogu gemar mendatangi rakyat saat panen sehingga bulir-bulir panenan banyak dan bernas.
Ketika memilih jodoh, Siraso mengidamkan suami yang mirip kembarannya, demikian pula Silogu ingin beristri seorang wanita persis Siraso. Untuk mencari jodohnya, Silogu pergi berkelana. Sementara Siraso diturunkan ayahnya ke muara sungai Oyo. Anak kembar itu dipisah agar tidak terjadi kawin sumbang. Dari muara sungai Oyo, Siraso meneruskan perjalanan ke hulu, tiba di suatu dataran rendah yang kemudian bernama Hiyambanua, dan bermukim di situ.
Setelah setahun berkelana Silogu pulang. Di rantau dia tidak menemukan idamannya, di Teteholi Ana’a dia juga tidak bertemu kembarannya. Menurut ayahnya, Siraso telah meninggal dunia. Betapa gundah-gulana hati Silogu. Akhirnya, Silogu mohon diturunkan ke bumi. Silogu kebetulan diturunkan di muara sungai Oyo. Dia berjalan ke hulu sungai, dan tiba di Hiyambanua. Di sana dia bertemu seorang wanita yang mirip adik kembarnya. Sang wanita itu juga melihat Silogu mirip abang kembarnya.
Dua insan itu akhirnya kawin. Setelah menjadi pasutri (pasangan suami-istri) barulah Silogu dan wanita itu (yang ternyata adalah Siraso) mengetahui bahwa mereka saudara kembar. Apa boleh buat, Maha Sihai Si Sumber Bayu telah menjodohkan mereka.
Di bumi Nias Siraso dan Silogu tetap gemar mengunjungi para petani. Doa dan berkat mereka dibutuhkan untuk bibit dan untuk panen. Setelah mereka meninggal dunia, orang-orang membuat patung Siraso (Siraha Woriwu) dan patung Silogu (Siraha Wamasi) untuk memanggil arwah mereka pada waktu para petani turun menabur bibit dan panen. Siraso dikenal sebagai Dewi Bibit (Samaehowu Foriwu), Silogu dikenal sebagai Dewa Panen. Mitos teogonis dewa-dewi pertanian kini menjelma menjadi legenda. Ketika agama modern datang, terjadi pemusnahan patung-patung berhala di Nias. Masyarakat diharamkan menyembah patung (fanomba adu), sehingga mite dewa-dewi pertanian kehilangan sarana pewarisannya. Dewa-dewi pertanian tidak dianggap sakral lagi oleh orang Nias, kini diganti mitos modern bertema teknologi: traktor, pestisida, pupuk, dan bibit unggul.
           
Unsur-unsur intrinsiknya :
1. Tema                               : Bertanam.
2. Seting                   
a. Tempat                     : Sungai, lading.
b. Waktu                      : Siang hari.
c.Suasana                     : Haru.
3.Alur                                 : Maju
4.Penokohan
a.Protagonis                : Buruti Siraso, Silogu
b.Tritagonis                 : Balugu Silaride Ana’a
c.Figuran                     : Petani,Masyarakat
5.Amanat                            : Jangan hanya berdo’a tapi harus disertai berusaha.
6.Sudut pandang                : Orang pertama.
7.Gaya bahasa                    : Peribahasa.


Unsur-unsur Ekstrinsiknya : Pendidikan, sosial, budaya, agama.

1 komentar:

  1. Did you know there is a 12 word sentence you can say to your man... that will trigger intense emotions of love and impulsive attraction for you deep inside his heart?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, treasure and care for you with his entire heart...

    12 Words Will Trigger A Man's Desire Instinct

    This instinct is so built-in to a man's mind that it will drive him to try harder than ever before to love and admire you.

    As a matter of fact, triggering this dominant instinct is absolutely important to getting the best ever relationship with your man that the instance you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll immediately notice him open his soul and mind to you in a way he haven't experienced before and he will identify you as the one and only woman in the world who has ever truly interested him.

    BalasHapus